Ramadhan 9th Day

#9th day

Mungkin kita tidak menyadari, sebagian besar tanaman yang tumbuh sendiri di sekitar kita adalah berkat bantuan dari serangga yang bernama lebah ini. Dengan melakukan penyerbukan, lebah menyebarkan serbuk sari di antara bunga-bunga lalu membiarkan tumbuh-tumbuhan termasuk tumbuhan pangan berkembang biak.

Hampir 90% spesies tanaman berbunga dan 75% spesies tanaman budidaya bergantung pada penyerbukan oleh satwa. Ini artinya, satu dari setiap tiga suap santapan manusia bergantung pada penyerbukan hewan dalam proses produksinya.
Lebah memang binatang yang spesial, namanya diabadikan menjadi nama surat dalam Alquran, yaitu surat An-Nahl. Ia merupakan makhluk Allah yang banyak memberi manfaat dan kenikmatan kepada manusia. 

Kita perlu belajar pada makhluk Allah bernama lebah atau sering disebut juga dengan nama tawon itu. Lebah memiliki sifat-sifat yang layak ditiru oleh manusia. Sifat-sifat tersebut di antaranya:

Pertama, Lebah hanya hinggap di tempat-tempat yang bersih dan menyerap hanya yang bersih. ia hanya akan mendatangi bunga-bunga atau buah-buahan atau tempat bersih lainnya yang mengandung bahan madu. Berbeda dengan lalat dan serangga lainnya yang suka hinggap di tempat-tempat yang kotor dan berbau busuk. begitupula manusia semestinya harus mengkonsumsi makanan-makanan yg halal dan bersih.

Kedua, Lebah hanya memproduksi sesuatu yang baik dan bermanfaat. Lebah menghasilkan madu yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Begitu juga dengan sifat seorang manusia semestinya selalu melakukan kebaikan yang bermanfaat bagi orang lain.

Ketiga, Lebah tidak pernah merusak apapun yang ia hinggapi. Ia tidak pernah merusak ranting-ranting, daun-daun, dan bunga-bunga yang dihinggapinya. Begitu pula manusia, seharusnya tidak melakukan kerusakan di muka bumi ini.

Keempat, Lebah tidak pernah memulai untuk menyerang kecuali dalam keadaan terancam. Lebah hanya akan menyerang ketika merasa terganggu. Namun ketika sudah menyerang untuk mempertahankan kehormatannya, lebah rela mati dengan melepas sengatnya di tubuh lawan. Sifat ini pun seharusnya dimiliki oleh manusia.

Kelima, Lebah sangat disiplin, setia dan rela berkorban. Ada pembagian peran dalam dunia lebah. Ada lebah pekerja, lebah ratu dan lebah pejantan. Semua bekerja dengan teratur tanpa pernah saling tikung-menikung. Segala hal yang tidak berguna disingkirkan dari sarang.

#lebah #lebahmadu #tawon #bee #nahl #annahl #serangga #penyerbukan

Posting Komentar

0 Komentar