Ramadhan 6th Day

#6th day

Menurut penelitian, belalang mengandung protein yang sangat tinggi. Tak heran jika di beberapa daerah, belalang dijadikan cemilan yang lezat. Dulu ketika masih di Jogja, saya dengan teman-teman sering menikmatinya, kebetulan di daerah Gunung kidul banyak yang menjualnya.
Ada banyak jenis belalang di dunia ini. Beberapa di antaranya sangat pintar berkamuflase menyerupai daun, bunga atau ranting tanaman. Kaki belakangnya yang panjang dan kuat berguna untuk melompat. Lompatan belalang bisa mencapai 1,5 m jauhnya. Bahkan bisa lebih jauh lagi jika sambil mengepakkan sayapnya.

Belalang merupakan makhluk ciptaan Allah yang tidak dipedulikan oleh manusia tetapi memiliki makna filosofi yang luar biasa. Hewan ini disebut dua kali dalam alquran yaitu dalam kisah Nabi Musa pada surat al-Araf (7): 133, dan dalam surah al-Qamar (54): 7.

"Maka kami kirimkan kepada mereka topan, belalang, kutu, katak dan darah (air minum berubah menjadi darah) sebagai bukti-bukti yang jelas, tetapi mereka tetap menyombongkan diri dan mereka adalah kaum yang berdosa," (al-Araf/7:133).

"Pandangan mereka tertunduk, ketika mereka keluar dari kuburan, seakan-akan mereka belalang yang beterbangan," (al-Qamar/54:7).

Ayat pertama pertama menceritakan kisah Nabi Musa saat berada di Mesir untuk membebaskan kaumnya, Bani Israil, dari siksaan Firaun. Sebagai bukti kebenarannya, Allah mengirimkan kepada mereka topan, katak, kutu, dan belalang dalam jumlah banyak. Atas mukjizat tersebut, ladang pertanian dan kehidupan masyarakat Mesir pun terganggu.

Sementara ayat yang kedua menggambarkan bahwa pada saat di bangkitkannya kembali seluruh manusia dari alam kubur pada hari kiamat, mereka akan dibangkitkan seperti belalang yang beterbangan.

Persamaan antara belalang dengan kebangkitan manusia pada hari kebangkitan nanti di antaranya:

1. Waktu yang lama
2. Berdesak desakan dibawah tanah
3. Dalam kerumunan yang padat, mereka menunggu datangnya sinyal untuk berkumpul
4. Ketika belalang telah siap keluar untuk beraktivitas, mereka tetap menanti sinyal panggilan untuk berkumpul. Ketika sinyal berkumpul telah diterima, maka mereka keluar secara bersama-sama dari dalam tanah menuju ke permukaan tanah dalam jumlah yang luar biasa banyaknya.



#ramadhan #ramadan #ramadankareem #ramadan1440h #ramadhan1441h #ramadan2020 #ramadhan2020 #belalang #nature #naturephotography

Posting Komentar

0 Komentar