Ramadhan 5th Day

#5th day

TADARUS LITAPDIMAS Ke-2

Bedah Penelitian, Publikasi Ilmiah, Pengabdian Masyarakat dan Keilmuan yg ke-2 kali ini mengangkat tema "Membela Sesama dalam Perspektif Teks Agama".
Ada 2 penelitian yang dibahas pada video conference ini: pertama, penelitian Dr. Aksin Wijaya, M.Ag. berjudul "Dari Membela Tuhan ke Membela Manusia (Kritik atas Nalar Agamaisasi Kekerasan)" dan kedua, penelitian Muzayyin Ahyar, S.Ud, M.SI. berjudul "Aksi Bela Islam: Kliktifisme Islam dan Otoritas Baru Propoganda Agama di Era Milenial di Indonesia." Diskusi dipandu oleh Dr. Suwendi, M.Ag. (Kasubdit Penelitian & PKM) dengan menghadirkan Dr. Jajang Jahroni, MA., P.hD. sebagai pembahas.
kata Gus Dur "Tuhan tak perlu dibela, Dia sudah maha segalanya, belalah mereka yang diperlakukan tidak adil". Tuhan dan Agama tak perlu dilindungi dan dibela, Tuhan Maha Sempurna dan Dia menciptakan Agama dengan kesempurnaan-Nya, justru kita, sebagai umat-Nya lah yang merusak agama itu sendiri.

Islam adalah agama yang universal. Ibadah dalam Islam bukan hanya ritual dan rutinitas, tapi harus berdampak pada sosial kemanusiaan. Agama dan kemanusiaan adalah dua hal yang tak boleh terpisahkan. begitu juga peraturan undang-undang dan kemanusiaan. Sebagaimana kita jengkel melihat agamawan mentafsirkan nash-nash seolah-olah ia duduk di atas kayangan, kita juga sebal melihat peraturan perundang-undang tidak merefleksikan kemanusiaan.

#litapdimas #tadaruslitapdimas #dikitis #pendis #kemenag #kemenagri #diktiskemenagri #penelitian #penelitianilmiah #pengabdianmasyarakat #publikasiilmiah #videoconference #zoom #ramadhan #ramadan #ramadankareem #ramadan1440h #ramadhan1441h #ramadan2020 #ramadhan2020

Posting Komentar

0 Komentar