Namanya Melati


Bunga sekuntum bunga melati
Putih bersemi harum mewangi
Assalamualaikum selamat Pagi
Corona Pergi kita ketemu lagi

Bunga melati indah di taman
Harum semerbak serta menawan
Sementara #DiRumahAja dulu kawan
Semoga besok kita bisa ketemuan

Bunga melati atau dalam bahasa latin disebut dengan nama jasminum merupakan salah satu bunga yang sangat familiar bagi masyarakat Indonesia karena banyak tumbuh di hampir seluruh pelosok Nusantara. Ada sekitar 200 spesies melati di dunia, Jasminum Sambac adalah jenis yang banyak ditemui di Indonesia.

Aroma melati sangat kuat, aroma keharumannya sempurna ketika malam hari setelah matahari terbenam, terutama ketika bulan bersinar. Karena keharumannya itu bunga melati dijadikan bahan industri minyak wangi, kosmetika, parfum, farmasi, dan bahan campuran atau pengharum teh.

Bunga melati juga lekat dengan tradisi masyarakat Indonesia. Pada momen pernikahan misalnya, melati digunakan sebagai hiasan seorang mempelai, baik digunakan pada saat acara siraman maupun ketika resepsi. Bahkan pada prosesi pemakaman melati digunakan untuk tabur bunga, dan masih banyak lagi kegunaan bunga melati dalam kegiatan-kegiatan ritual tradisi lainnya.

Bunga melati juga tidak jarang dikaitkan dengan mitos-mitos yang berkembang di masyarakat. Namanya saja mitos, kita boleh percaya atau tidak. Meskipun melati identik dengan mistis, namun bunga ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Sebagaimana dilansir situs sehaq.com dari beberapa manfaat bunga melati yang pernah diteliti, beberapa di antaranya adalah meringankan gejala hepatitis, sirosis, dan penyakit pada hati lainnya, mengatasi sakit perut dan diare parah (disentri), mencegah stroke, mengurangi keluarnya air susu ibu (ASI) yang berlebihan, mengobati penyakit kulit dan mempercepat proses penyembuhannya, eningkatkan mood, mengurangi stres, dan meredam nafsu makan.

Di Indonesia, manfaat bunga melati yang terkenal adalah menyembuhkan jerawat, flu, radang mata merah, dan bengkak akibat gigitan serangga. Khasiat ini datang dari kandungan flavonoid, saponin, tanin, indol, dan benzil alkohol dalam daun melati yang diduga memiliki aktivitas antibakteri.

#melati #bungamelati #jasminum #jasminumsambac #menanam #sedekahoksigen

Posting Komentar

0 Komentar